(021) 752 1253 776 5566 7888 0942 7870 443 754 6089 7720 1517 (0251) 860 3711 SMS 0811 168 801
Unfortunately we could not locate the table you're looking for.
akong2

Naluri Bisnis Plus Pantang Menyerah

             Perjalanan Liu Sin Kong benar benar merangkak dari bawah sebelum ia akhirnya dikenal sebagai pemilik Studio Foto ternama di Kota Depok. Tidak ada yang menyangka, pemuda kurus tinggi pemilik Studio Foto ini jauh sebelumnya mengawali usahanya hanya dengan membuka warung kopi dan jualan es balok di Pontianak, Kalimantan Barat. Berkat perjuangannya yang ulet dan tak pantang menyerah, kini Akong pangilan akraknya telah memiliki Studio Foto yang memperkerjakan 50 karyawan, sepuluh diantaranya fotografer handal. Sebagaimana kisah pengusaha sukses lainnya,, perjalanan Akong menuju sukses dimulai dari nol plus keuletan.

           Lahir dan dibesarkan di sebuah kota kecil Sambas ( Subah ) Kalimantan Barat. Akong dan keluarga melewati masa masa sulit penuh keprihatinan. Sambil bersekolah, Akong membantu orang tuanya membuka warung kopi dan es balok. Hasil usahanya cukup lumayan, apalagi bila bulan puasa tiba, dagangannya laku keras (1978). Saya masih ingat, bagaimana Ayah dan Ibu saya sempat kewalahan melayani pembeli. Dari hasil usaha tersebut, saya bersyukur dapat membiayai adik adik sekolah, ujar Liu Sin Kong mengenang masa kecilnya. Berbekal pengalaman usaha yang dimilikinya, setamat sekolah SMP Negeri 5 Pontianak, Kalimantan Barat. sekitar tahun 80-an. Ia mengadu nasib ke Jakarta dan tinggal di Kapuk Muara Jakarta Utara.

         Dengan modal seadanya, Akong coba-coba membuka usaha konveksi kecil-kecilan dan mengerjakan sablon.  Usaha konveksinya mulai menunjukkan kemajuan. Dari hanya bermodalkan empat alat mesin jahit, kemudian berkembang menjadi 50 mesin jahit dengan pekerja mencapai 100 orang. Tak jarang, usahanya mendapatkan order untuk pembuatan kaos promosi dari perusahaan – perusahaan terkenal. Diantaranya : Bumbu masak Miwon/Surabaya, Bumbu masak Sasa/Slipi, Promina Indofood/Ancol, PT Gudang Garam/Bay Pass Cempaka Putih, Accu GS (Guna Surya), Accu NS/Jl.Hayam Wuruk Jkt, Kopi Ayam Merak/Pluit, Yanmar/Simpangan Depok, Dusal Dumex/Cisalak, Maskapai KLM, Maskapai Catay Pacific, Yamaha Motor, Vespa Motor, Busi NGK, Pertambangan Minyak Bontang, Dept Store Rimo/ Gajah Mada Plaza, Obat Gosok Remason, Obat Batuk OBH, Surat Kabar Inti Jaya/Kemayoran, Pembasmi nyamuk Startok/Roxi, Australua Optik/Roxi, Purimas Bakery/Jl.Hayam Wuruk Jkt dan Es Teler 77 Juara Indonesia/Jl.Pembanguman Jkt, dll
Bahan Baku TC 20, TC 24, TC 28 dan TC 32. Disuplay/didapatkan dari PT. Jabatex(GT Man)/Sawah Leo dua Jkt dan sebagian Bahan TC dari Cimahi Bandung Jawa Barat. Untuk memenuhi pesanan kaos promosi yang rata-rata mencapai 500 – 750 ribu kaos, saya terpaksa ikut terjun langsung ke lapangan menemani pekerja untuk lembur sampai dini hari, jelasnya.
Rupanya, jiwa biisnis sudah terpatri dalam dirinya.  Naluri bisnisnya terus bergerak

              Tahun 1986, Akong pindah ke Citeureup, sementara usaha konveksinya dilanjutkan saudaranya. Di Citeureup Akong mulai membidik usaha Fotografi dengan membuka Studio Foto yang dinamai Cemerlang Foto. Lagi-lagi, berkat keuletannya, usaha studionya dengan cepat membawa hasil. Namun uniknya, setelah studionya memiliki banyak pelanggan, kemudian ia serahkan ke Saudara kandungnya (Liu Sin Fong) untuk dikelola. Lalu kemana lagi Akong? Ia kemudian membuka Studio Foto baru didaerah Depok dengan tetap memakai nama yang sama dan terkesan lebih dinamis, Cemerlang Digital Studio Foto Professional. Nama Cemerlang itu saya ambil dari nama saya sendiri, Kong yang artinya Terang, ujarnya ketika ditanya perihal nama studionya.

         Kini setiap harinya, studio fotonya selalu ramai dikunjungi para pelanggan yang datang dari bermacam kalangan mulai masyarakat biasa sampai para pejabat mulai Lurah, Camat, Walikota, Gubernur, Kapolres sampai Pangdam.  Bahkan, dalam tiga kali penggantian Panglima Kostrad di Cilodong, studionya mendapatkan kepercayaan untuk mengabadikannya. Disamping itu , studionya juga mendapatkan kepercayaan untuk Foto Wisuda Mahasiwa yang tiap tahunnya diadakan di Gedung Manajemen FEUI Depok dan Salemba. Pengambilan gambar dilakukan di Gedung Manajemen FEUI Depok. Akong beroleh pengalaman mengesankan berkaitan dengan usahanya di tahun 1998 lalu. Ketika itu, pihaknya mendapat panggilan foto dalam acara Lomba Menembak antar Angkatan Bersenjata se-Asean di Jakarta. Ini sangat mengesankan buat saya walaupun saya harus bekerja sampai pukul tiga dini hari.

            Kesempatan ini jarang didapat oleh studio foto lain. Lucunya lagi, kita berbicara dengan kontingen dari Thailand dan Filipina dengan menggunakan bahasa isyarat. Katanya mengenang peristiwa mengesankan tersebut. Namun tentunya, tidak semua perjalanan bisnisnya selalu manis. Liu juga pernah mengalami peristiwa pahit ketika terjadi kerusuhan Mei 1998 lalu. Waktu itu, studio miliknya tak luput dari sasaran amuk massa dan Akong rugi sampai Rp.150 Juta.  Namun dengan sisa-sisa modalnya yang berhasil diselamatkan serta berkat keuletannya, Ia berhasil membangun kembali studio fotonya.

         Anggapan bahwa pengusaha Tionghoa sukses di bidang ekonomi karena persatuan mereka kuat, tidak selamanya benar. Buktinya saya, waktu kerusuhan lalu tidak ada satu pun yang membantu baik moril maupun materil. Sampai saat ini saya tidak dapat melupakan bagaimana Toko dan Studio Foto saya dijarah dan dihancurkan massa, kenang Liu sedih. Liu Sin Kong termasuk tipe pengusaha Kreatif. Agar studio fotonya dikenal luas, Ia sempat mendatangkan sejumlah Artis untuk foto bersama.Pernah pula, gara-gara studio fotonya kedatangan Artis Cilik (Josua). Kota Depok sempat macet total. Pihaknya kewalahan menghadapi membludaknya pengunjung yang mencapai 2000 orang

         Bayangkan saja, untuk jumlah pengunjung begitu banyak, kami hanya diberikan waktu tiga jam oleh manajer Artis.  Tapi syukur, semuanya bisa kami selesaikan tepat waktu dan pengunjung merasa puas.
Cemerlang Foto Kota Depok Terlengkap, hanya kami di Kota Depok yang mengunakan Camera System Medium Format Hasselblad dengan Back Digital Phase One & Back Digital Sinar.
Didukung Mesin Cetak Foto Digital ”Noritsu LPS24 Pro,, Tercanggih dengan kecepatan cetak tnggi dan satu-satunya di Kota Depok. Serta didukung fotografer yang handal dengan penata gaya yang profesional. Resolusi foto 50 Megapixel. Kualitas Laser dan Bertahan 100 Tahun.

Kutipan : Majalah Info Bisnis Agustus Tahun 2000
Nama : Liu Sin Kong
Tempat/ Lahir : Sambas, 17 Oktober 1959
Alamat : Jl. Nusantara Raya No. 14- 15 – 35 Depok.
Telp. (021) 752 1253 – 776 55 66 – 7888 0942 – 7870 443 – 754 6089
Website : www.cemerlangfoto.co.id
www.cemerlangradio.com
E-mail : cemerlangfoto_radio@yahoo.co.id
liusinkongcmlfoto@yahoo.com
Facebook : Cemerlang Foto
Liu Sin Kong
Twitter : @cemerlangfoto
@liusinkong
Instagram : cemerlangfoto
Kritik Saran – SMS 0811 168 801 – 0817 168 801

Back to Top

Cemerlang Foto Kota Depok

Phone: (021) 752 1253 - 776 55 66 - 7888 0942 - 7870 443 - 754 6089 Mobile: 0811 168 801 - 0817 168 801 Website: www.cemerlangfoto.co.id